Search Google

Monday 27 June 2016

Membedakan slot PCI, PCI-E X16, AGP dan PCI-E x1

Untuk membedakan berbagai slot yang berjajar di motherboard kita hanya perlu melihat spesifikasi di buku manual motherboard tersebut atau bisa juga melihat tulisan di dekat slot pada motherboard. Sebagai gambaran mari kita lihat gambar dibawah ini.





PCI-E X16
Slot untuk VGA Card yang ada di motherboard baru mulai digunakan secara luas saat motherboard dengan prosesor LGA 775 [P4 dan celeron]. sampai sekarang slot VGA ini masih digunakan.

AGP
Slot VGA Card yang digunakan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka.
   
PCI
Slot PCI merupakan slot yang bisa dibilang multi fungsi karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA [sudah sangat jarang], ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.

PCI-E X1
sama seperti slot PCI kegunaannya sangat banyak namun belom banyak yang menggunakan slot ini.



Bagaimana membedakan slot  AGP dan PCI Express

Dalam hal kualitas dan fisik graphic card
AGP dan PCI Express terlihat berbeda. AGP memiliki 2 macam jenis versi AGP 4x dan 8x, terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada bulan November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga memungkinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte / detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Namun demikian, fakta bahwa kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dari 4x AGP, sedangkan PCI Express juga memiliki 2 jenis PCIex PCIex 1,0 dan 2,0. PCI Express adalah kemampuan 2 kali lebih dari kemampuan AGP 8x, kemudian disebut dengan PCIex 16x - 16x PCIex 1.0 atau - 2.0. Tapi sekarang keberadaan AGP sudah langka karena produksi dihentikan, banyak toko yang menjual AGP lebih mahal dari PCIex. Setiap kali Anda ingin membeli graphic card, Anda harus bisa mengetahui perbedaan secara fisik. Jika tidak maka kemungkinan Anda akan salah dalam memilih jenis , jika Anda menggunakan AGP atau PCI Express (PCIex), Anda harus membeli sesuai dengan dukungan motherboard Anda, jika Anda memiliki buku Anda harus membaca manual motherboard dan lihat apakah motherboard anda mendukung AGP atau PCI atau PCIex.
 

Anda tidak perlu langsung membongkar PC Anda dan lihat slotnya sebab biasanya ditulis di buku panduan motherboard yang digunakan.

Karakteristik yang dimiliki oleh slot AGP adalah:
* Bentuknya yang lebar dan pendek,
* Pembatasnya dipusatkan
* Warna slot tergantung pada merek motherboard bisa coklat, merah atau lainnya.

Sedangkan karakteristik dari PCI Express (PCIex), yaitu:
* Bentuk lebih panjang sekitar 8-10cm
* Pemisahnya hanya 1-2cm dari kiri.
* Warna ini juga relatif.

Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI Express
Kecepatan          Max
PCI-ex 1x        250  MB/s
PCI-ex 2x        500  MB/s
PCI-ex 4x        1000 MB/
sPCI-ex 8x       2000 MB/s
PCI-ex 16x       4000 MB/s
PCI-ex 32x       8000 MB/s

Yang membedakan diantara ketiganya adalah slot yang di gunakan, jadi dalam pemasangan graphic card hanya akan berbeda pada letaknya saja.

No comments:

Post a Comment