Search Google

Monday 27 June 2016

GRAPHIC CARD : Gigabyte GTX 980TI




Setelah Sebelumnya sempat dihadirkan Gigabyte GTX 980, kembali kami menghadirkan seri tertinggi berbasis GPU NVIDIA ini namun dengan seri yang lebih tinggi lagi yakni Gigabyte GTX 980Ti G1 Gaming. GTX 980 yang diusung Gigabyte ini merupakan versi custom dengan modifikasi yang cukup ekstrim meliputi bagian internal dan eksternalnya. Gigabyte kembali memanfaatkan teknologi Windforce 3X 600W sebagai solusi masalah thermal pada video card-nya. Untuk seri ini, orientasi yang digunakan adalah triangle cool, di mana arah aliran udara akan dibagi menjadi dua arah sehingga menghilangkan efek turbulensi. Dengan begitu, udara panas yang timbul sebagai akibat perubahan energi akan terdisipasi dengan cepat. Efek dari penggunaan fitur windforce ini cukup terasa di mana pada kondisi idle suhu yang tercatat hanya menyentuh 34’C  dan stabil pada 71’C saat kondisi full load. Perlu diketahui, nilai suhu tersebut diperoleh dengan konfigurasi kecepatan kipas 50%.

Selain modifikasi dari sistem pendingin, video card ini ternyata menggunakan engine GPU yang sudah teroverclock dari pabrik (pre-OC).  Peningkatannya pun cukup signifikan, sebesar 152 MHz saja atau 15% lebih tinggi dari versi reference-nya. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan seri GTX 980 milik Gigabyte sebelumnya, clock yang dimiliki very Ti ini justru lebih rendah. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan baku mengingat jumlah shader, texture mapping unit serta ROP yang dimiliki versi Ti ini jauh lebih tinggi. Bahkan dari segi dukungan VRAM-nya sendiri, versi Ti ini hadir dengan mengusung video memory berkapasitas 6GB. Hal ini tentu merupakan benefit tersendiri di mana Anda dapat semakin leluasa untuk memilih resolusi 1440p hingga 4K tanpa khawatir performa yang dihasilkan akan turun.

Dari segi bentuk fisik, video card produksi Gigabyte ini tampak lebih panjang dari versi reference-nya. Penambahan ukuran panjang tersebut tidak hanya sebatas ukuran board saja, tetapi juga meliputi heatsink yang memang dirancang untuk meng-cover hampir seluruh permukaan board. Ukuran ekstra ini juga dimaksudkan untuk mengakomodasi triple fan berdiameter 75mm yang diterapkan video card ini. Hal yang menarik, ukuran lebar dari video card ini ternyata hanya 2-slot saja itupun sudah termasuk yang digunakan.

Untuk segi koneksitas, Gigabyte GTX 980 G1 Gaming ini menyediakan interface display yang sangat komplet, dengan menghadirkan 2 port DVI, 3 DisplayPort, dan 1 port HDMI. Hal ini tentu memberikan benefit tersendiri bagi user yang menggunakannya, karena hanya dengan single video card saja, Anda bisa menampilkan konten di 4 monitor sekaligus. Inilah yang disebut dengan isitilah Gigabyte Flex Display Technology.

Untuk dapat memiliki video card “monster” dibutuhkan dana yang memang bisa dikatakan cukup fantastis, yakni sekitar 12 juta rupiah. Namun hal tersebut cukup sebanding dengan performa yang ditawarkannya. Apalagi Gigabyte menyediakan garansi komponen hingga 3 tahun. (PCmedia)




REVIEW
Performa kencang, Video memory berkapasitas 6GB, Solusi pendingin dengan 3 kipas. Harga relatif mahal.

HARGA

Kisaran Harga: Rp 12.000.000
Manufaktur: Gigabyte
Kontak: Nusantara Jaya Teknologi (021) 6120895
Website: www.gigabyte.co.id

No comments:

Post a Comment